Daerah  

Cuaca Ekstrem, Penyeberangan Lembar – Padangbai Tutup Sementara

Layanan penyeberangan di Pelabuhan Lembar, Lombok Barat menuju Pelabuhan Padangbai Karangasem.

Jakarta (Lokapalanews.com) – Layanan penyeberangan di Pelabuhan Lembar, Lombok Barat menuju Pelabuhan Padangbai Karangasem Bali ditutup sementara akibat cuaca buruk, Jumat (7/7) mulai pukul 09.00 Wita.

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry (persero) cabang Lembar Ardhi Ekapaty menyampaikan, penutupan sementara Pelabuhan Lembar sesuai dengan penetapan Surat Edaran Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Padangbai.

“Layanan dan operasional penyeberangan ditutup sementara sejak Jumat (7/7) pagi sekitar pukul 09.00 WITA. Belum dapat dipastikan kapan dibuka kembali,” tuturnya, dilansir InfoPublik.

Ardhi mengatakan, keselamatan dan keamanan seluruh pengguna jasa adalah prioritas utama, sehingga ASDP mematuhi kebijakan regulator terkait penutupan sementara layanan penyeberangan.

Berdasarkan info prakiraan cuaca pelabuhan di Lembar, Nusa Tenggara Barat yang dikeluarkan oleh BMKG pada 7 Juli 2023 pukul 06.00 WIB, berlaku hingga 7 Juli 2023 pukul 19.00 WIB, kondisi cuaca di pelabuhan hujan sedang dengan kecepatan angin 6-20 knots, gelombang laut sedang dan ketinggian 1,25 – 2,5 meter dan jarak pandang sejauh 6 km.

Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Padangbai, Sentot Ismudiyanto Kuncoro mengungkapkan, pelayaran dan layanan penyeberangan tidak dapat dilakukan dari Lombok ke Bali atau sebaliknya menyusul kondisi hujan deras disertai angin kencang dan gelombang tinggi.

“Penyeberangan kami tunda untuk sementara waktu demi keselamatan dan keamanan. Karena hembusan angin mencapai 18-25 knot dan ketinggian gelombang mencapai 1-2,5 meter,” kata Sentot. *