PKM Unwar Gelar Pelatihan dan Pendampingan Perangkat Desa Cau Belayu

PENGABDIAN - Tim PKM Unwar menggelar pelatihan dan pendampingan perangkat Desa Cau Belayu, 15 Juni 2023.

Tabanan (Lokapalanews.com) – Penataan administrasi desa untuk beralih dari yang manual menjadi digital sangat penting dilakukan di era digitalisasi saat ini. Untuk itu, Tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Warmadewa (PKM Unwar) melaksanakan pengabdian di Kantor Desa Cau Belayu, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan dengan memberikan pelatihan dan pendampingan kepada perangkat desa.

Ketua Tim PKM Unwar, Dra. Lilik Antarini, M. Erg., mengatakan, kegiatan pengabdian kali ini Tim Pengabdian mengusung tema “Tata Kelola Administrasi Desa Berbasis Digital Melalui Pelatihan dan Pendampingan Perangkat Desa di Kantor Desa Cau Belayu, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan”.

Tema yang diusung berdasarkan hasil diskusi tim pengabdian dengan Kepala Desa, I Putu Eka Jayantara. “Kami memerlukan pendampingan serta pelatihan dalam menata administrasi desa. Sehingga bisa beralih dari yang manual menjadi digital sesuai dengan misi kami yaitu mewujudkan pengelolaan administrasi pemerintahan yang berbasis digital, ” kata Eka Jayantara saat membuka kegiatan pengabdian.

Tim PKM Unwar berharap dengan adanya pengabdian yang dilakukan dapat meningkatkan kompetensi dari staf di Kantor Desa Cau Belayu dalam mengelola Administrasi Desa Berbasis Digital. Untuk itu dihadirkan 3 orang pembicara.

Pembicara pada sesi pertama yaitu Ketua Tim PKM, Lilik Antarini memaparkan materi pelatihan mengenai Tata Laksana Pelayanan Publik. Sesi Kedua dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai Transformasi Administrasi Desa Berbasis Digitalisasi oleh I Gede Agus Arjawa Tangkas, S.H.,M.Si. Kepala Bidang Infrastruktur dan Aplikasi Infomartika Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Bali ini menyampaikan bahwa saat ini sudah banyak aplikasi-aplikasi yang dibuat Diskominfos Provinsi Bali untuk membantu pengelolaan administrasi desa.

Sesi terakhir dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Agus Nyoman Astika, S.Si., M.AP dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Bali. Materi yang dibawakan mengenai Penataan dan Pengembangan Tata Kelola Admistrasi Pemerintah Desa.

Dalam materi tersebut dipaparkan bahwa untuk menyelenggarakan administrasi desa yang baik terdapat beberapa point penting yang harus di perhatikan dan dilengkapi, yaitu (1) pencatatan data dan informasi; (2) pengolahan data dan informasi; penyediaan data dasar perencanaan; (3) tertib dalam melakukan pencatatan; (4) pengembangan buku register desa. *L-002