Daerah  

Dandim 1617/Jembrana Sosialisasikan Wawasan Kebangsaan di SMAN 1 Negara

Dandim 1617/Jembrana Letkol Inf. Teguh Dwi Raharja, S.Sos saat sosialisasi wawasan kebangsaan SMAN 1 Negara.

Jembrana (Lokapalanews.com) – Dandim 1617/Jembrana Letkol Inf. Teguh Dwi Raharja, S.Sos berkolaborasi bersama dengan anggota Akmil di SMAN 1 Negara mensosialisasikan wawasan kebangsaan. Sebanyak 1.400 siswa mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat, dengan harapan generasi muda penerus bangsa agar mempunyai cita-cita. Jangan terpengaruh hal-hal yang negatif, terjerumus yang bukan budaya malah merusak kehidupan, Senin (24/7).

Komandan Kodim 1617/Jembrana Letkol Inf. Teguh Dwi Raharja, S.Sos., mengatakan, memberikan motivasi dan wawasan kebangsaan di hadapan 1.400 siswa. Tujuannya agar generasi muda anak bangsa bangkit mempunyai cita-cita dan pembuktian nyata bagi bangsa serta negara. Berkolaborasi bersama anggota Akmil yang lagi cuti ini merupakan hal yang tepat dan akan terus melakukan inovasi membangkitkan generasi muda yang lebih mandiri dan bisa menentukan pilihan dalam melanjutkan cita-cita. Upaya ini akan dilakukan secara roadshow ke sekolah-sekolah.

“Ada pula dari anak-anak yang ketika ditanya malah belum memiliki cita-cita dan harapan meneruskan ke jenjang pendidikan. Ketika dilakukan pemaparan dari anggota Akmil, barulah mereka bisa menyerap ilmu baik itu bela negara dan harapan menjadi Akademi Militer. Hal positif adalah generasi muda jangan muda termakan isu hoak dan bukan budaya bangsa yang lestari. Motivasi ini dilakukan terhadap siswa kelas 12 yang akan melanjutkan jenjang karier,” jelas Dandim yang juga putra daerah asli Jembrana.

Sementara itu, siswa SMAN 1 I Kadek Juli Arta Negara mengatakan, apa yang diserap dalam sosialisasi merupakan wejangan sebagai generasi muda bisa membangun dan bangkit. Apalagi paparan tentang pendidikan Akademi Militer yang sangat bagus dalam pemaparan. Sangat menarik dalam kegiatan wawasan kebangsaan sehingga muda bisa termotivasi dengan baik. “Generasi muda harus memiliki cita-cita yang seluas samudera dan tancapkan di jiwa generasi muda lebih maju membangun bangsa dan negara Kesatuan Republik Indonesia,” tegasnya.

Selain itu Sersan Taruna Akabri Raul Yoana Saputra yang merupakan putra Jembrana dan alumni SMAN 1 Tahun 2020 memberikan motivasi kepada adik-adik generasi muda terutama siswa dan siswi SMAN 1 agar lebih mempunyai wawasan kebangsaan yang luas tergugah agar memiliki sebuah cita-cita yang lebih baik. Tunjukkan generasi muda tidak hanya bertopang daku hanya menghabiskan harta orangtua saja. Adanya serapan di era globalisasi, generasi muda harus pandai menyaring di medsos dengan baik dan bijak.

‘Tujuan yang menggugah semangat generasi muda adalah hal yang positif dan merupakan eduksi secara langsung. Generasi muda punya cita-cita baik itu masuk kejenjang Militer atapun berkarya terbaik demi bangsa dan negara serta membangun untuk Kabupaten Jembrana,” jelasnya. *