Tim Dosen FEB Unwar Gelar PKM di Bank Sampah Abukasa Desa Peguyangan

Tim Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Warmadewa menyelenggarakan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) di Bank Sampah Abukasa di Desa Peguyangan, belum lama ini.

Denpasar (Lokapalanews.com) – Tim Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Warmadewa menyelenggarakan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) bertajuk “Pemberdayaan Bank Sampah Abukasa di Desa Peguyangan”, belum lama ini. Kegiatan ini dipimpin Dr. I Dewa Ayu Kristiantari, S.E., M.Si., dan anggota, Dr. I Dewa Ayu Eka Pertiwi, S.E., Ak., MSA., CA dan Made Surya Pramana, S.A., M.M.

Dalam program ini, tim pengabdian masyarakat memberikan penjelasan kepada mitra terkait bagaimana menyusun laporan keuangan sebagai dasar pengambilan keputusan dalam rangka pengembangan usaha, bagaimana memaksimalkan manajemen sampah sehingga berdampak pada peningkatan keuntungan serta memasarkan keberadaan dan aktivitas usahanya secara optimal melalui penerapan aplikasi digital.

Menurut I Dewa Ayu Kristiantari, keberadaan bank sampah merupakan hal yang sangat penting. Selain berdampak pada kebersihan lingkungan, pengelolaan sampah yang lebih baik dapat memberikan keuntungan ekonomi tidak saja bagi Bank Sampah Abukasa, tetapi dapat memberi tambahan pemasukan bagi rumah tangga, khususnya di masyarakat yang menjadi nasabah di bawah pengelolaan Bank Sampah Abukasa. Hal ini menjadi alasan diperlukan beberapa upaya agar keberadaan Bank sampah Abukasa dapat berjalan dengan optimal dan berkesinambungan.

Pengelolaan yang optimal tentu ditopang bagaimana pengurus bank sampah menjalankan aktivitas keuangan secara transparan. Mitra juga diberikan penjelasan pentingnya penyusunan laporan keuangan secara sederhana agar mitra mendapatkan informasi yang jelas terkait keuangan bank sampah yang nantinya dapat menjadi bahan evaluasi dan dasar pengambilan keputusan ke depannya, sebagaimana yang diungkapkan I Dewa Ayu Eka Pertiwi kepada pengelola (mitra) Bank Sampah Abukasa.

Surya Pramana juga menambahkan mengenai optimalisasi pengelolaan bank sampah dengan menggunakan aplikasi digital. Implementasi aplikasi digital yang merupakan hasil kerja sama dengan Griya Luhu pada Bank Sampah Abukasa diharapkan mampu untuk meningkatkan pengelolaan dan memberikan kenyamanan pada nasabah. Aplikasi digital ini mampu melihat secara up-to-date bagaimana posisi saldo nasabah serta memberikan kemudahan bagi pengelola Bank Sampah Abukasa untuk melakukan pencatatan dan pengelolaan setiap aktivitas secara digital dan terpadu, dibandingkan sebelumnya yang memang masih bersifat konvensional (secara manual). *L-002