Daerah  

Peradah Bali Rilis Buku “Bali Nanem Tuwuh”

DPP Peradah Indonesia Bali merilis buku "Bali Nanem Tuwuh" di Badan Pengelola Fasilitas Kawasan Suci Pura Agung Besakih, Minggu (3/9).

Karangasem (Lokapalanews.com) – Dewan Pimpinan Provinsi Perhimpunan Pemuda Hindu Indonesia Provinsi Bali (DPP Peradah Indonesia Bali) merilis buku “Bali Nanem Tuwuh: Refleksi G20 dan Konstruksi Bali Masa Depan”. Ketua DPP Peradah Indonesia Bali, I Putu Eka Mahardhika, Minggu (3/9) mengatakan, buku ini merupakan realisasi dari komitmen dan gagasan mereka untuk bersama-sama membangun Bali.

Ia meyakini, Bali hendaknya dibangun dengan semangat gotong royong dan melibatkan peran generasi muda. “Kami mencoba menstimulus gagasan pemuda Bali melalui buku ini. Harapannya buku ini nanti bisa menjadi referensi tata kelola Bali ke depan,” katanya.

Eka Mahardhika yang juga akademisi di Universitas Warmadewa (Unwar) ini mengatakan, pihaknya sengaja memilih Besakih sebagai tempat merilis buku tersebut, dengan harapan gagasan itu bisa bermanfaat bagi seluruh Bali.

Bendesa Adat Besakih, Jro Mangku Widiarta, dalam sambutannya menyambut baik hadirnya buku tersebut. Ia menjelaskan kawasan Besakih sebagai kawasan suci dan sentral bagi Bali. Ia berharap, buku tersebut dapat memberikan manfaat dalam menata kehidupan Bali.

“Saya kira buku ‘Bali Nanem Tuwuh’ ini akan menjadi sejarah baru, menjadi investasi sekala dan niskala bagi Bali, bagi generasi Bali di masa depan,” katanya. *