Keluarga Mahasiswa Hindu Dharma UNRIYO Resmi Miliki Pengurus Baru

Pelantikan Pengurus dengan Pembacaan Ikrar

Pelantikan pengurus Keluarga Mahasiswa Hindu Dharma (KMHD) Universitas Respati Yogyakarta (UNRIYO) masa bhakti 2024-2025 di Pura Jagatnatha Banguntopo Banguntapan, Sabtu (30/12).

Yogyakarta (Lokapalanews.com) – Keluarga Mahasiswa Hindu Dharma (KMHD) Universitas Respati Yogyakarta (UNRIYO) menggelar pelantikan dan serah terima pengurus masa bhakti 2024-2025 di Pura Jagatnatha Banguntopo Banguntapan, Sabtu (30/12). Pelantikan dan serah terima ini dihadiri Pembina KMHD UNRIYO I Wayan Ordiyasa, S.Kom., M.T., dan Dosen Agama Hindu Dra. Mugiyani, M.Pd.H., serta Wakil Ketua Pengurus Pengempon Pura Jagatnatha Banguntopo, Saruda Widodo, A.Md., S.Pd. Hadir juga pengurus KMHD masa bhakti sebelumnya dan pengurus baru masa bhakti 2024-2025.

Acara pelantikan diawali dengan persembahyangan bersama dan mejaya-jaya oleh Jro Gede Achir Murti Adiwiyono, dilanjutkan dengan sambutan dari Pembina KMHD UNRIYO, I Wayan Ordiyasa, S.Kom., M.T. dan Wakil Ketua Pengurus Pengempon Pura Jagatnatha Banguntopo Saruda Widodo, A.Md., S.Pd.

Dalam sambutannya, I Wayan Ordiyasa menyampaikan bahwa KMHD UNRIYO termasuk salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa yang cukup aktif dalam melaksanakan kegiatan. Berapa kegiatan yang sebelumnya secara rutin dilaksanakan seperti pentas seni, bazaar KMHD UNRIYO dan sebelum pandemi Covid-19 setiap pelaksanaan kegiatan menyambut perayaan Nyepi, mahasiswa KMHD UNRIYO membuat ogoh-ogoh (patung seni) yang diikutkan pawai di Pawai Budaya Ogoh-ogoh di Jl. Malioboro Yogyakarta.

Ia berharap, pengurus baru dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan meneruskan kegiatan-kegiatan positif yang telah dilaksanakan pengurus sebelumnya serta membawa KMHD UNRIYO menjadi organisasi yang lebih baik lagi. “Saya ucapkan selamat kepada pengurus baru KMHD UNRIYO. Semoga kalian dapat menjalankan tugas dengan baik dan membawa KMHD UNRIYO menjadi organisasi yang lebih baik lagi,” katanya.

Saruda Widodo selaku Wakil Ketua Pengurus Pengempon Pura Jagatnatha dalam sambutannya mempersilakan mahasiswa untuk berkegiatan dan menggunakan fasilitas yang ada di pura untuk melaksanakan kegiatan dengan baik dan terjadwal. Sarusa Widodo juga menambahkan bahwa di sebelah utara Pura Jagatnatha juga baru diresmikan Gedung Parisada Hindu Dharma Indonesia DIY yang dilengkapi dengan ruang sidang yang memiliki fasilitas kantor cerdas sehingga pengaturan dan penyalaan lampu, AC, televisi dan speaker untuk presentasi cukup diperintah dengan suara saja.

Mugiyani selaku dosen agama Hindu juga menyampaikan beberapa pesan kepada pengurus baru KMHD UNRIYO. Pertama, ia berpesan agar pengurus baru dapat menjaga kerukunan dan toleransi antar umat beragama. Kedua, ia berpesan agar pengurus baru dapat menjadi teladan bagi mahasiswa Hindu lainnya.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan pelantikan pengurus baru KMHD UNRIYO oleh Dosen Agama Hindu Dra. Mugiyani, M.Pd. H melalui pengambilan sumpah/ikrar untuk pengurus KMHD UNRIYO masa Bhakti 2024-2025. Setelah pelantikan, dilanjutkan dengan serah terima jabatan dari pengurus lama kepada pengurus baru.

Ketua KMHD UNRIYO masa bakti 2024-2025, I Ketut Frelly Arya Saputra mengatakan, pihaknya akan berupaya untuk menjalankan tugasnya dengan baik. Ia berkomitmen untuk menjaga kerukunan dan toleransi antar umat beragama. Kami akan berupaya untuk menjalankan tugas dengan baik. Selain itu, kami juga akan berkomitmen untuk menjaga kerukunan dan toleransi antar umat beragama. Semoga pengurus baru KMHD UNRIYO dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan membawa KMHD UNRIYO menjadi organisasi yang lebih baik lagi. *