Daerah  

Porcam Negara Tampil Beda

Bupati Jembrana I Nengah Tamba saat membuka ajang Porcam Negara.

Jembrana (Lokapalanews.com) – Pekan Olahraga Kecamatan (Porcam) Negara tampil beda dengan mengusung generasi penerus bangsa dan menyatukan tekad menyambut Jembrana Emas 2026.

Camat Negara, I Wayan Andy Suka Anjasmara, S.STP., M.M., mengungkapkan, kegiatan Porcam Negara selain memberikan bingkisan kepada siswa berprestasi yang ada di wilayah Kecamatan Negara juga menyerahkan bingkisan lukisan kepada Bupati Jembrana I Nengah Tamba yang merupakan hasil karya warga dari Kelurahan Baler Bale Agung.

Dalam pelaksanaan Porcam juga mengikat rasa keakraban di wilayah Kecamatan Negara yang berjumlah 12 desa/kelurahan. “Ini membuktikan generasi muda sebagai penurus bangsa mengisi kemerdekaan dan juga menjaga kelestarian kultur seni dan budaya. Tak hanya memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan dan HUT ke-128 Kota Negara, akan tetapi memaknai bangkit bersama menuju Kabupaten Jembrana Emas Tahun 2026.

“Ini perlu semua lini desa/kelurahan bisa membuktikan kinerja yang lebih optimal. Salah satu keunikannya para perbekel dan lurah menggunakan pakaian Limas, Banser, dan Pecalang. Ini menandakan bahwa fungsi mereka adalah sebagai sinergitas TNI-Polri sebagai ujung tombak keamanan dan ketertiban wilayahnya,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengatakan, ajang Porcam ini tak harus dibarengi kegiatan saat protokoler yang dilaksanakan pemerintah, sehingga ada sedikit hambatan, tentu ada rasa bangga Kecamatan Negara bisa mengadakan di luar jadwal yang tentu padat. Porcam ini adalah ajang silaturahmi bagi kalangan desa/kelurahan yang ada di Kecamatan Negara.

“Saya juga sangat bangga bahwa ada 2 anak yang berprestasi yaitu I Gede Bagus Pratama, siswa SDN 1 Banyubiru. Anak segudang prestasi dalam ajang lomba panjat tebing dan telah mengharumkan Kabupaten Jembrana di ajang provinsi dan nasional. Dan yang kedua Reihan Khalid Syahbani dari SMPN 6 Negara yang telah membawa harum pula di ajang ring tinju, walau masih tahap eksebisi tapi cukup mempunyai pengalaman yang patut dibanggakan,” katanya. *