Anjangsana ke Perempuan Pejuang, Menteri PPPA Ajak Perempuan Semangat Lanjutkan Perjuangan

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga melaksanakan kegiatan anjangsana, sebagai salah satu rangkaian Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-95 dengan mengunjungi perempuan pejuang.

Denpasar (Lokapalanews.com) – Dalam rangka memperingati kiprah pergerakan perempuan yang diawali sejak Kongres Perempuan Pertama pada 22 Desember 1928, momen tersebut menjadi titik penting bagi perjuangan perempuan Indonesia, yang selanjutnya diperingati setiap tahunnya sebagai Hari Ibu. Oleh karenanya, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga melaksanakan kegiatan anjangsana, sebagai salah satu rangkaian Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-95 dengan mengunjungi perempuan pejuang.

“Memperjuangkan kemerdekaan bukanlah suatu hal yang mudah, dibutuhkan keberanian yang besar dan kegigihan yang tinggi untuk dapat melakukannya. Para pejuang kemerdekaan rela mengorbankan nyawanya bagi kemerdekaan bangsa Indonesia. Oleh karenanya, sudah udah sepatutnya kita sebagai penerus bangsa selalu mengingat jasa-jasa para pahlawan, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya.  Perempuan dalam hal ini turut menjadi bagian tidak terpisahkan dalam perjuangan merebut kemerdekaan. Perempuan terus bergerak memberi arti untuk bangsa ini dan menjadi bagian penting dalam sejarah kemerdekaan bangsa,” ungkap Menteri PPPA dalam kunjungannya ke kediaman Ibu Soemarni yang bertempat di Kota Depok.

Menteri PPPA menyampaikan kegiatan anjangsana ke perempuan pejuang merupakan salah satu rangkaian kegiatan PHI yang rutin dilaksanakan dari tahun ke tahun. Melalui kegiatan anjangsana dan pemberian tali kasih diharapkan perjuangan perempuan dapat selalu diingat dan menjadi inspirasi bagi seluruh perempuan.

“Saya senang sekali bisa bertemu langsung dengan perempuan pejuang yang turut mengambil peran dalam memerdekakan negara ini. Semangat Ibu Soemarni yang masih membara sampai saat ini menjadi inspirasi bagi kami untuk terus berjuang demi perempuan dan anak Indonesia,” ungkap Menteri PPPA.

Menteri PPPA mengungkapkan pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Kementerian Sosial dan Pemerintah Daerah setempat dalam memfasilitasi kesejahteraan perempuan pejuang yang usianya kini sudah tergolong lansia.

Ketua Umum Wirawati Catur Panca, Pia Megananda menyampaikan pihaknya akan terus mendukung upaya KemenPPPA dalam mewujudkan kesejahteraan bagi perempuan lansia, khususnya pejuang kemerdekaan negara melalui sinergi dan koordinasi yang dilaksanakan secara bersama-sama.

Sebagai tali kasih, KemenPPPA turut memberikan bantuan kebutuhan spesifik lansia berupa makanan, biskuit, susu dan buah. *