Daerah  

Operasi Patuh Agung-2023 Kedepankan Pendekatan Preemtif dan Preventif

Polres Buleleng menggelar Operasi Patuh Agung 2023 yang akan dilaksanakan selama 14 hari terhitung mulai, Senin (10/7).

Buleleng (Lokapalanews.com) – Operasi Patuh Agung 2023 dilaksanakan selama 14 hari terhitung mulai, Senin (10/7) sampai dengan Minggu (23/7). Kegiatan ops Agung ini sebelumnya didahului dengan kegiatan Lat Pra Ops dan dilaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Agung 2023 yang dipimpin langsung Kapolres Buleleng AKBP I Made Dhanuardana, S.I.K., M.H., di Mapolres Buleleng.

Kapolres Buleleng selaku pimpinan apel membacakan amanat Kapolda Bali, Irjen Pol. Drs. Putu Jayan Danu Putra, S.H., M.Si., bahwa lalu lintas merupakan urat nadi masyarakat, yang memegang peranan vital dalam pertumbuhan ekonomi dan pembangunan yang dilaksanakan. Dengan adanya lalu lintas yang baik, memudahkan akses bagi masyarakat untuk melakukan kegiatannya dalam memenuhi kebutuhan perekonomian.

Di balik manfaat lalu lintas juga terdapat berbagai permasalahan yang berkaitan dengan pengguna jalan raya setiap hari, tidak luput dari permasalahan lalu lintas seperti kemacetan, pelanggaran hingga kecelakaan lalu lintas.

Munculnya permasalahan lalu lintas kerap dipicu beberapa faktor, yaitu meningkatnya jumlah kendaraan bermotor, meningkatnya populasi masyarakat serta meningkatnya pola aktivitas masyarakat.

Sasaran utama operasi Patuh Agung 2023 adalah para pelanggar aturan lalu lintas yang berdampak aturan lalu lintas yang berdampak pada kecelakaan berat, seperti tidak menggunakan helm, menerobos lampu merah, memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi, melawan arus, dan pelanggaran lainnya.

Ops Patuh Agung-2023 akan lebih mengedepankan pendekatan preemtif dan preventif yang turut didukung oleh Upaya penegakan hukum dengan memaksimalkan sarana tilang eletronik (E-TLE) baik statis maupun mobile. Operasi patuh kali ini merupakan sarana untuk mengedukasi dan mengajak masyarakat secara humanis untuk patuh dan disiplin berlalu lintas. *L002