Kontes Mobil Hemat Energi 2023, Buka Pintu Inventor Muda di Bidang Teknologi Otomotif

Kontes mobil hemat energi.

Jakarta (Lokapalanews.com) – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Kemendikbudristek telah sukses menyelenggarakan Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2023, di Area Carnaval Ancol. Selama 4 hari pelaksanaannya, kontes ini telah berhasil mendorong inovasi dan semangat kompetisi mahasiswa Indonesia dalam bidang teknologi otomotif hemat energi dan berkelanjutan.

Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbudristek, Sri Suning Kusumawardani, dalam sambutannya menyampaikan, bahwa KMHE merupakan sarana untuk berkarya bagi mahasiswa dalam menumbuhkan potensi dan kreativitas, mendorong kolaborasi dalam dan antar perguruan tinggi, serta mengaplikasikan ilmu pengetahuan di bidang teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat.

“KMHE memiliki peran penting dalam mempersiapkan talenta mahasiwa untuk memenuhi kebutuhan inovasi masa depan yang seperti kita saksikan sudah ada tepat di depan mata kita semua,” kata Direktur Sri dalam keterangannya dikutip dari InfoPublik, Sabtu (4/11/2023).

Lebih lanjut, Direktur Sri mengungkapkan harapannya terkait kontes ini, “Semoga kegiatan ini nantinya mampu memunculkan inventor-inventor yang berdampak besar di berbagai bidang, seperti industri otomotif, transportasi, industri energi fosil dan energi terbarukan.”

Dalam babak final KMHE 2023 ini, setiap tim peserta melewati beberapa tahapan prosedur perlombaan yaitu dimulai dengan pemeriksaan pos uji teknis (technical inspection) untuk memeriksa kesesuaian kendaraan dengan regulasi KMHE 2023. *