Kemenparekraf Siap Dukung Penyelenggaraan “Bali International Air Show 2024”

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, dalam Rakor bersama Menko Marves terkait persiapan Bali Air Show 2024, di Renaissance Hotel Nusa Dua, Bali, Selasa (3/9).

Mangupura (Lokapalanews.com) – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) siap mendukung event spektakuler “Bali International Air Show 2024” yang akan berlangsung di South Apron, I Gusti Ngurah Rai Bali International Airport pada 18 – 21 September 2024.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, dalam Rakor bersama Menko Marves terkait persiapan Bali Air Show 2024, di Renaissance Hotel Nusa Dua, Bali, Selasa (3/9/2024), mengatakan Bali International Air Show 2024 akan menjadi daya tarik yang luar biasa utamanya wisata dirgantara.

“Dan ini adalah wisata yang berkualitas karena yang datang itu tinggalnya lebih lama dan juga pengeluarannya jauh lebih besar,” kata Menparekraf Sandiaga.

Menparekraf Sandiaga berharap perhelatan Bali International Air Show yang kembali digelar setelah 20 tahun absen dapat menarik 3.000 wisatawan pada trade days (18-20 September 2024) dan 2.500 wisatawan selama dibuka untuk umum (21 September 2024). “Ada satu hari nanti untuk umum bisa mencapai 3.000 kunjungan. Ini menjadi daya tarik yang perlu kita siapkan,” ujar Sandiaga.

Sandiaga menyatakan Kemenparekraf/Baparekraf siap mendukung sehingga event ini dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas dan mendorong peningkatan jumlah kunjungan wisman dan pergerakan wisnus.

“Kita juga akan hadirkan nanti paket-paket wisatanya bekerja sama dengan industri agar tidak sia-siakan peluang ini,” ujar Sandiaga.

Bali International Air Show 2024 merupakan event air show dan pameran internasional bergengsi yang sangat menarik. Selain menggunakan special venue yaitu di Tribune Area South Apron I Gusti Ngurah Rai International Airport Bali, event ini juga memiliki rangkaian forum-forum internasional, B2B exhibition, business matching, serta program sosial yang akan dilaksanakan di beberapa venue lainnya.

“Profile peserta di antaranya mereka para pegiat industri dirgantara mulai dari pabrikan dan ini yang datang (seperti) Boeing (juga) Airbus. Mereka ini adalah pebisnis dan ahli-ahli dirgantara. Dan ini juga kesempatan tadi ada PT. Dirgantara Indonesia untuk promosi, menjual lebih banyak produk-produk hasil karya anak bangsa,” kata Sandiaga.

Menko Marves Luhut B. Pandjaitan menyampaikan kesiapan Bali International Air Show 2024 yang akan dimulai pada 18 September 2024 sudah 80 persen. Luhut juga mengapresiasi kinerja panitia mulai dari Gubernur, Pemda, TNI-AU, TNI-AD, polisi hingga imigrasi.

“Kita lihat banyak pengamanan dilakukan oleh pecalang-pecalang sehingga budaya Bali itu kelihatan. Kemudian tadi ini kan juga airshow yang ada f-35 yang menarik juga. Saya kira orang lihat ini unik,” kata Luhut.

Hadir dalam pertemuan tersebut Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Kabasarnas), Marsdya TNI Kusworo; Pj. Gubernur Bali, Mahendra Jaya; dan seluruh tamu undangan. Dalam kesempatan tersebut Menparekraf Sandiaga didampingi, Direktur Event Nasional dan Internasional Kemenparekraf/Baparekraf, Frans Handoko. *101