Ekbis  

Kemenkop UKM Perkuat Kualitas Produk Unggulan Daerah

Kepala Biro Manajemen Kinerja, Organisasi, dan Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Kementerian Koperasi Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM), Ruli Nurdina Sari.

Jakarta (Lokapalanews.com) – Kepala Biro Manajemen Kinerja, Organisasi, dan Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Kementerian Koperasi Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM), Ruli Nurdina Sari, mengatakan pihaknya akan terus mengembangkan dan memperkuat kualitas produk-produk unggulan khas daerah yang diproduksi pelaku UKM.

Hal tersebut disampaikannya saat mengunjungi Rumah Oleh-Oleh Khas Ternate “Pakesang” di Kelurahan Kasturian, Ternate Utara, Kota Ternate, Maluku Utara, Kamis (19/10).

“Selain menjaga kualitas produk, perluasan pemasaran produk khas daerah juga harus terus dikembangkan,” kata Ruli melalui keterangan resminya, Jumat (20/10).

Merujuk Ternate yang mendapat julukan Kota Rempah, Ruli berharap para pelaku UKM di Ternate terus berinovasi dalam menciptakan nilai tambah dari bahan baku rempah dan buah kenari.

Setiap daerah harus mampu memberi nilai tambah dari potensi yang terkandung dialam daerah masing-masing. Lanjut Ruli, seperti halnya rempah dan buah kenari di Ternate. Salah satu UKM yang cukup populer di Ternate adalah Pakesang.

Yakni sebuah Rumah Oleh-Oleh Khas Ternate yang meliputi rumah produksi dan kemasan. Pemilik dan pengelola Pakesang Ummi Salamah mengatakan melalui penjualan online, produk sudah menjangkau konsumen yang ada di Korea Selatan dan Jerman.

Rencana pengembangan ke depan, kata Ummi Pakesang akan membangun Pusat Oleh-Oleh Produk UKM khas Ternate. Juga, akan meningkatkan keikutsertaan dalam pameran-pameran produk UKM, baik skala lokal, provinsi, hingga nasional.

“Sejak mengembangkan Rumah Produksi dan Kemasan sendiri dengan modal sebesar Rp280 juta, kualitas kapasitas produksi Pakesang terus meningkat. Dengan desain kemasan yang bagus, ternyata mampu meningkatkan harga jual produk kita,” kata Ummi. *