Tokoh  

Jadilah Sulinggih sampai Meninggal

Ida Rsi Agung Bang Pinatih

Denpasar (Lokapalanews.com) – Ida Rsi Agung Bang Pinatih dari Griya Agung Wang Bang Pinatih Padangsambian secara tegas mengatakan agar seorang sulinggih hendaknya taat dengan ajaran Siwa Sesana.

Karena seorang wiku berarti pintar atau wikan yang mengetahui mana yang baik dan buruk. “Kita tidak boleh saling catat cumacat, tapi tentunya sebagai umat manusia harus intropeksi diri, kalau kita sudah siap jadi sulinggih, siaplah sampai meninggal. Saya meninggalkan pekerjaan sebagai ASN dan dosen Denpasar, saya tinggalkan demi umat Hindu di Bali, Nusantara dan dunia,” ungkap Ida Rsi.

Menurut Ida Rsi, seorang sulinggih harus taat terhadap ajaran Siswa Sesana. “Marilah kita mulat sarira, kalau belum siap jadi sulinggih, jadi welaka. Jangan sampai dunia kesulinggihan bermasalah” ujar Ida Rsi.

Ida Rsi Agung Bang Pinatih mengajak para sulinggih untuk menjaga kesucian diri dan saling mendoakan, dan saling paham ajaran Siwa Sesana. “Dan untuk umat sedharma, saya berharap anak-anak muda jangan sampai menghujat sulinggih karena kalau sering menghujat sulinggih karmanya sangat besar walaupun kita benar. Tapi lebih baik kita memberikan masukan dan mendoakan sulinggih agar selalu bijaksana,” Ida Rsi. *par