Tekno  

Transformasi Digital Nasional Jadi Prioritas

Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo), Nezar Patria, dalam acara The 6th Indonesia Internet Expo and Summit (IIXS) yang diselenggarakan oleh APJII di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta, Senin (12/8).

Jakarta (Lokapalanews.com) – Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo), Nezar Patria, dalam acara The 6th Indonesia Internet Expo and Summit (IIXS) yang diselenggarakan oleh APJII di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta, Senin (12/8) mengungkapkan, transformasi digital nasional menjadi prioritas utama pemerintah dalam mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045, dengan komitmen untuk tidak mengenal langkah mundur. Upaya itu bertujuan agar Indonesia dapat terkoneksi secara optimal dengan negara lain, melibatkan kolaborasi seluruh pemangku kepentingan, khususnya Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dan ekosistem digital Indonesia.

“Saya mengajak seluruh ekosistem digital untuk menyukseskan transformasi digital nasional, karena tidak ada jalan mundur untuk transformasi digital ini,” tegas Wamenkominfo.

Nezar Patria menambahkan, seluruh dunia kini bergerak semakin terkoneksi secara erat, menjadikan transformasi digital sebagai transformasi bangsa di masa depan. Berbagai tren positif dalam transformasi digital dinilai sebagai peluang strategis yang harus dimanfaatkan secara holistik, baik dari aspek bisnis, ekonomi, hingga lingkungan.

“Transformasi digital mampu mendukung pertumbuhan ekonomi, meningkatkan produktivitas dan profitabilitas bisnis, menciptakan lapangan kerja baru, serta meningkatkan akses teknologi untuk mitigasi dan adaptasi perubahan iklim,” jelasnya.

Dalam konteks Visi Indonesia Emas 2045, Indonesia diharapkan menjadi negara berdaulat, maju, dan melaksanakan pembangunan berkelanjutan. Untuk mendukung visi tersebut, Pemerintah menetapkan transformasi digital sebagai salah satu arah pembangunan dalam kerangka agenda transformasi ekonomi yang tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045.

“Guna mewujudkan agenda tersebut, Kementerian Kominfo telah meluncurkan Visi Indonesia Digital 2045. Infrastruktur digital menjadi fondasi utama dalam menopang tiga pilar arah pembangunan digital Indonesia, yaitu ekonomi digital, pemerintahan digital, dan masyarakat digital. Harapan kita Indonesia Digital 2045 menjadi salah satu alternatif peta jalan agenda transformasi digital nasional demi mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045,” ujar Wamenkominfo, dilansir InfoPublik.

Nezar Patria juga mengapresiasi penyelenggaraan Forum IIXS oleh APJII sebagai bagian penting dari upaya menumbuhkan ekosistem digital nasional.

“Forum ini penting karena mempertemukan berbagai aktor penting dalam ekosistem digital. Ini adalah forum yang tepat untuk berbagi ide, berkolaborasi, dan berinovasi guna menjawab tantangan serta kebutuhan transformasi digital,” tandasnya.

Hadir dalam forum tersebut, Deputi Bidang Koordinasi Komunikasi, Informasi, dan Aparatur Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Eko Dono Indarto, Ketua Umum APJII Muhammad Arif, perwakilan Humas Polri, serta pengurus dan komunitas APJII. *705